Pj Bupati Hadiri Penandatangan Energize Perdana Exess Power PLN dan IWIP

WEDA – Penandatangan Energize Perdana Excess  Power antara PT. PLN (Persero) UIW Maluku dan Maluku Utara dengan PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang berlangsung di gedung Tanjung Uli, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah pada Jumat (3/1/2023) kemarin dihadiri Pj Bupati Ikram Malan Sangadji (IMS).

Pj Bupati Halteng Ikram Malan Sangaji mengatakan, penandatangan ini merupakan hari bersejarah bagi Pemda dan masyarakat Halteng. Karena kelebihan daya listrik di PT IWIP disuplai langsung ke warga melalui PLN dengan harga terjangkau.

Menurunya, Energize Perdana Exess Power merupakan tindaklanjut dari komitmen Pemda dalam memberikan pelayanan dibidang PLN. Harapannya,  sesuai arahan Menko Marves pada akhir Januari sudah bisa terpasang, meski sedikit molor dan dilakukan penandatangan kerjasama.

Baca juga:  UMKM Tak Profesional, Bakal Dikeluarkan Dari Pusat Kuliner di Tugulufa

“Jadi komitmennya Januari, tapi molor sedikit, dan hari ini sudah kita saksikan bersama. Padahal masyarakat sudah bertanya-tanya kapan PLN mulai normal,” ungkapnya.

Ikram menegaskan, Halteng bukan hanya lingkar tambang saja namun sampai di pulau Gebe. Untuk itu komitmen sejak awal menunaikan harapan masyarakat agar listrik bisa terang.

Sementara Vice President PT. IWIP Kevin He mengatakan, apa yang diminta Pj. Bupati telah dilakukan PT. IWIP. “Dan apa yang diberikan IWIP melalui PLN  untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat lingkar tambang,” singkat Kevin.

GM PLN UIW Maluku dan Malut Adi Priyanto berharap, kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik kedepan dengan visi yang sama membangun dan meningkatkan perekonomian Halteng.

Baca juga:  Tiga Kelompok Tani Dapat Bantuan Alsintan

Sedangkan Awat Tuhuloula Direktur Distribusi PT. PLN meyebut, sistem kelistrikan Kabupaten Halteng disuplay dari PLTD Weda dengan kapasitas beban puncak kurang lebih 6 MW. Sementara untuk keandalan kelistrikan di Kabupaten Halmahera Tengah khususnya Kota Weda dan sekitarnya diperlukan ketahanan energi yang cukup.

“Dan alhamdulillah atas koordinasi yang luar biasa dari Tim IWIP, Tim PLN, dan Supporting penuh dari Bupati Halmahera Tengah Ikram M. Sangadji beserta jajaran sehingga Energize kelebihan tenaga listrik (Excess Power) dari PT IWIP ke PLN Weda dapat dilaksanakan pada hari ini,” ucap Adi.

Selanjutnya kata dia, pekerjaan pembangunan dan perbaikan jaringan  konstruksi untuk evakuasi daya dari PT IWIP akan dilaksanakan untuk meningkatkan keandalan system.

Baca juga:  Distan Siap Bersinergi Kembangkan BUMDes

“Semoga dengan Energize listrik dari PT IWIP menambah keandalan system kelistrikan di Kabupaten Halteng khususnya Kota Weda dan sekitarnya. Kami menyampaikan terima kasih dan support yang luar biasa kepada Direksi PT PLN (Persero), Pj. Bupati Halteng Ikram M. Sangadji beserta jajaran Vice President PT IWIP dan jajaran Direksi yang telah memberikan dukungan terbaiknya dari awal perencanaan hingga saat ini, sehingga acara yang kita laksanakan ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar,” tutupnya.(udy)

error: Content is protected !!