65 Siswa di Tidore Ikut Seleksi Paskibra

Seleksi Paskibra Kota Tidore Kepulauan

TIDORE – Sebanyak 65 Siswa SMA/SMK/MA se Kota Tidore Kepulauan mengikuti Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) Tahun 2023. 

Seleksi Paskibra Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore yang diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Marjan Djumati, di Arena Pendopo Open Space, Selasa (14/3/23).

Mewakili Walikota, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Marjan Djumati mengatakan, dengan menyelenggarakan program seleksi Paskibra tingkat  Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023, yang nantinya mengemban tugas berat dan mulia pada upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus tahun 2023 nanti, sehingga kegiatan ini mempunyai arti dan peran yang sangat penting.

“Agar kita mendapatkan calon-calon Paskibra yang memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, rela berkorban, berdedikasi tinggi, serta memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik, karena saya yakin dan percaya anak-anakku yang hadir merupakan siswa terbaik utusan dari SMA/MA di Kota Tidore Kepulauan dan telah memiliki kriteria serta memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi Calon Paskibra Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023,” kata Marjan.

Baca juga:  Sekolah Favorit Taliabu Langganan Banjir

Marjan Djumati menambahkan, kegiatan Paskibra yang dilaksanakan setiap tahunnya janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka, namun harus ada upaya peningkatan kualitas secara terus-menerus, mulai dari persiapan, proses seleksi, pelatihan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan.

“Sehingga diharapkan kerja keras dan semangat kebersamaan dari seluruh pihak yang terlibat, baik dari adik-adik calon paskibra, panitia, dan pelatih untuk mencapai tujuan yang kita inginkan bersama, kepada Panitia dan Tim Seleksi, saya minta dan tegaskan, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, serta dengan penuh tanggung jawab, menciptakan teamwork yang baik dari seluruh unsur yang terlibat, mudah-mudahan  kegiatan seleksi          ini           dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sesuai dengan tujuan yang kita harapkan bersama.

Baca juga:  Perkuat Kualitas Pendidikan Fapertahut UNNU Gandeng Balai TNAL 

Tak lupa, Marjan juga berpesan kepada seluruh siswa seleksi Paskibra untuk ikuti seluruh rangkaian proses seleksi dengan sungguh-sungguh, tampilkan seluruh kemampuan yang terbaik yang ada pada dirimu bahwa kamu memang merupakan siswa terbaik yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tidore Marsaid Idris dalam laporannya mengatakan, program Paskibra merupakan pemimpin program bangsa yang berkarakter pancasila, Paskibra bukan semata-mata sebagai pengerek bendera melainkan sebagai bagian dari penyiapan calon pemimpin Indonesia masa depan yang mampu memahami dan mengamalkan nilai Pancasila, serta Paskibra adalah putra dan putri terbaik yang merupakan kader bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang untuk melaksanakan tugas mengibarkan/menurunkan bendera pusaka atau duplikat bendera pusaka.

Baca juga:  227 Peserta Ikut Assessment Calon Kepsek Halteng

“Peserta yang mengikuti seleksi merupakan putra dan putri terbaik hasil seleksi di tingkat sekolah sederajat dan berasal dari SMA/SMK/MA yang duduk di kelas X, sebanyak 69 siswa yang terdiri dari 36 putra dan 33 putri yang akan mengikuti seleksi selama tiga hari dari hari selasa tanggal 14 s/d kamis 16 Maret 2023,” kata Marsaid.

Pembukaan Seleksi Paskibra Kota Tidore Tahun 2023 ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan seleksi Paskibra Kota Tidore Tahun 2023 Aditya Firmansyah dari SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan dan Elvira Sorowai SMA Negeri 4 Kota Tidore Kepulauan. (hms)

error: Content is protected !!