Bupati Aliong Sebut Lima Program Prioritas Harus Dilaksanakan OPD

Suasana kegiatan pembukaan kegiatan Musrenbang RKPD oleh Bupati Aliong Mus

BOBONG – Bupati Aliong Mus membuka forum perangkat daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2024, Selasa (14/03/2023) kemarin.

Musrenbang tingkat Kabupaten yang dilangsungkan di Kantor Bupati Taliabu sore itu dihadiri unsur forkopimda, Kepala OPD maupun Para kepala Pemerintahan Kecamatan dan Desa serta BPD dan bendahara desa.

Dalam sambutannya, Bupati dua periode itu menjelaskan, acara pembukaan forum perangkat daerah dan musrenbang kabupaten merupakan kegiatan tahunan pemerintah daerah sesuai amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan Daerah.

Baca juga:  Survey LSI Denny MHB-GAS Menang Pilwako

“Penyelenggaraan musrenbang (RKPD) tahun 2024 merupakan penjabaran tahun ketiga dari pelaksanaan (RPJMD) Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2021- 2026, ya itu untuk mencapai visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu yang unggul, berakhlak mulia, mandiri dan sejahtera. Dalam rangka mewujudkan visi daerah tersebut, diantaranya mulai penyusunan RKPD tahun 2024 yang kita laksanakan saat ini,” jelas Aliong.

Pada tahun ini, kata Bupati, prioritas pembangunan di kabupaten pulau Taliabu diarahkan sesuai agenda pemerintah pusat, terutama dalam menghadapi pemilu tahun 2024 yang mana alokasi anggarannya sebagian berasal dari APBD Kabupaten.

“Untuk prioritas pembangunan sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 2024 kita akan mengikuti agenda nasional pemilihan umum serentak untuk memilih presiden dan Wakil presiden, DPR dan DPD pada tanggal 14 Februari 2024 yang dilanjutkan pemilihan kepala daerah pada 27 November 2024. Tentunya penyelenggaraan pesta demokrasi ini juga akan menggunakan sebagian anggaran daerah,” jelasnya.

error: Content is protected !!