Malut Peroleh Nilai SPBE Tertinggi Dari Maluku dan Papua

Kadis Kominfosan Malut H. Iksan RA Arsyad

SOFIFI – Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Pemprov Malut mampu membawa nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi dibandingkan dengan Provinsi Maluku dan Papua.

Hal itu dibuktikan dengan kerja keras dan upaya serius jajaran Pemerintah Provinsi Malut yang akhirnya menunjukan hasil positif, salah satunya Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Pemprov Malut.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Malut, Iksan R.A Arsyad (03/04/23) mengatakan, Pemprov Malut mendapat nilai positif dan teratas dalam penerapan SPBE dari wilayah Maluku-Papua. Sementara untuk wilayah Sulawesi sampai Papua, Pemprov Malut berada di urutan kedua dibawah Pemprov Gorontalo dengan nilai capaiannya 2,47.

Hal ini membuktikan, salah satu domain yang menjadi aspek penilaian, yakni komitmen dan kebijakan pimpinan, berjalan dengan sangat baik di Maluku Utara. Ini juga menjadikan Maluku Utara sebagai pemilik rata-rata indeks SPBE paling bagus di antara dua provinsi tersebut.

Baca juga:  Masuk Taliabu Wajib Swab Antigen

Kata Iksan, indeks SPBE Maluku Utara tertinggi dari dua provinsi adalah komitmen dan dukungan dari Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba, Lc yang sangat kuat terhadap seluruh domain SPBE.
.
“Ini berdasarkan evaluasi dari tim evaluator Kemenpan-RB, bahwa Implementasi SPBE kita itu tertinggi, memang baru mencapai 2,47 dan kita tertinggi dari Pemprov Maluku-Papua,” ucapnya.

Lebih lanjut Iksan menyampaikan, untuk wilayah Sulawesi hingga Maluku dan Papua, Pemprov Malut berada di urutan dua dibawah Gorontalo, dimana Gorontalo mencapai 2,48 berbeda satu angka dengan Malut, yakni 2,47.

Penilaian SPBE dari Kementerian lembaga tersebut menyasar empat indikator, misalnya kebijakan, implementasinya dan dua indikator lainnya yang memiliki kematangan. Penerapan SPBE pada Pemprov Malut secara umum sudah cukup baik, terutama pada tataran kebijakan dan layanan publik.

Baca juga:  Jadi Irup HUT RI ke-76, Bupati Aliong Mus Tampil Beda

Iksan juga mengaku kaget dengan hasil yang dicapai, karena Pemprov Sulawesi Selatan berada dibawah Pemprov Malut, padahal sebelumnya Provinsi Sulawesi Selatan lebih dulu terapkan SPBE.

“Saya juga kaget dalam penilaian atau evaluasi kematangan Sulsel berada dibawah kita, padahal kita belajar ke sana. Alhamdulillah, berdasarkan SK Kemenpan-RB itu kita tertinggi di Maluku Papua dan urutan kedua dari Sulawesi hingga Papua,” katanya. (red/adv)

error: Content is protected !!