Baru 1.180 Orang di Morotai Divaksin

Julius Giscard Kroons

DARUBA – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pulau Morotai, Julius Giscard Croons, mengungkapkan hingga April 2021 jumlah pengguna Vaksin Sinovac di Kabupaten Pulau Morotai sudah sebanyak 1.180 orang. Mereka yang sudah di vaksin ini terdiri dari tenaga kesehatan (Nakes), pelayan publik dan sejumlah lansia.

“Untuk masyarakat umum belum, untuk umum kita mulai buka pelayanan di bula Ramadhan ini, jadi nanti ada posko yang kita buka untuk melayani masyarakat yang melakukan vaksinasi,” ungkap Julius kepada Fajar Malut, Selasa (20/5/2021).

Penggunaan vaksin sinovac tahap pertama ini, sudah dilakukan dua kali suntik.  “Vaksin Sinovac yang sudah terpakai sebanyak 2.195 dosis. Sisa vaksin yang belum di gunakan di IFK masih 175 dosis. yang belum mendapat dosis ke dua sebanyak 163 orang,” jelasnya.

Baca juga:  Dinkes Halmahera Barat Perintahkan Nakes Tidak Meresepkan Obat Sirup Anak

Selain vaksin sinovac, lanjut dia, ada juga vaksin astrazeneca. “Jumlah vaksin ini terbatas hanya 210 dosis, dan yang sudah di gunakan 160 dosis untuk 160 orang, sisanya masih 50 dosis. Untuk tahap vaksin astrazeneca ini penyuntikan dosis ke dua belum. Sasarannya masih pada pelayan publik,” terang Julius. Ditanya apa yang menjadi kendala dalam vaksinasi di Kabupaten Pulau Morotai, kata dia, yaitu hanya ketersediaan vaksin yang terbatas.

“Sampai sekarang saja belum ada informasi dari provinsi untuk pengiriman vaksin astrazeneca selanjutnya,” katanya. “Untuk anggran tidak masalah, karena tahun ini kita punya anggaran untuk pendukung kegiatan vaksinasi Morotai dalam satu tahun sebesar Rp 320 juta dari APBD,” tuntas Julius. (fay)

Baca juga:  Covid19 Jadi Fokus Penanganan Pemkot Ternate
error: Content is protected !!