Ratusan Warga Obi Lakukan Aksi

Bupati Halsel saat memberikan penjelasan terkait aksi warga Obi

LABUHA Ratusan warga Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dari berbagai desa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Obi Bersatu sejak, Senin (23/8/2021) kemarin mengepung kantor Camat Obi dan membakar sejumlah ban bekas.

Aksi ini merupakan tindak lanjut dari aksi sebelumnya yang kecewa terhadap pihak PT Harita Group yang dianggap secara sepihak melakukan pemindahan jalur jalan lingkar Obi, sehingga tidak lagi sesuai dengan perencanaan awal dari pihak Balai jalan dan jembatan Provinsi Maluku Utara.

Massa yang dikoordinir Budiman Safi saat berorasi di depan kantor Camat mengancam akan memboikot aktivitas seluruh perusahan tambang di Obi bertepatan dengan kunjungan  Bupati  Usman Sidik.

Usman langsung bergerak cepat menyikapi tuntutan  itu, langsung naik ke atas mobil truk untuk berorasi. Mantan wartawan RCTI itu berjanji akan mengakomodir semua tuntutan warga terkait proses pembangunan jalan lingkar pulau Obi. “Saya mendukung langkah masyarakat, seluruh aspirasi akan disampaikan ke perusahaan,” kata Usman. 

Baca juga:  Berulah, Sekda Saiful Turuy Terancam Sanksi

Ketua Asosiasi Kades Kecamatan Obi Abdul Kafi memberikan apresiasi pada Bupati Usman Sidik yang tanggap terhadap aksi tuntutan masyarakat dengan turun langsung ke Obi.

“Tadi pak Bupati sangat mendukung langkah warga, dan berjanji akan melakukan pertemuan dengan pihak terkait, termasuk manajemen perusahaan tambang PT Harita Group, di Labuha pada Selasa besok atau Rabu pekan ini untuk membahas masalah ini. “Kami menunggu hasil pertemuan nanti,” kata Kafi. (nan) 

error: Content is protected !!