Usulan Pahlawan Banau Ada Titik Terang

Rapat TP2GD

JAILOLO – Rencana usulan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional mulai ada titik terang.  Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Halbar menggelar rapat pembahasan kesiapan pengumpulan dokumen pendukung di ruangan Sekda Halbar, Rabu (22/09/2021).

Ketua TP2GD Halbar M. Syahril Abd. Radjak berharap  kinerja TP2GD dalam hal pengumpulan dokumen pendukung naskah akademik Banau segera dirampungkan, sehingga diusulkan tahun ini.

“Untuk dokumen pendukung, saya harap segera dituntaskan dalam tahun ini. Saya berkeinginan agar rencana Pemda halbar ini sukses di tahun 2022 nanti,” harap Syahril. Sekretaris Daerah itu meminta dalam waktu tiga bulan seluruh naskah akademik Banau sudah harus rampung untuk ditindaklanjuti ke Pemprov Malut, sehingga tahun 2022 Banau sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Kalau 2022 harus tuntas, maka di sisa waktu tiga bulan ini, kita harus benar-benar serius untuk merampungkan naskah akademiknya, sehingga bisa diusulkan ke Pemprov Malut untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Danyonif Raider Khusus 732 Banau Halbar Letkol Infanteri Hariyanto Hendrik dalam rapat tersebut mendukung penuh. Ia berharap TP2GD dapat bekerja semaksimal, sehingga apa yang menjadi cita-cita Pemda Halbar dapat terwujud di tahun 2022 nanti.

“Kami TNI sangat mendukung, soal dokumen pendukung, kami juga akan berupaya untuk menyiapkan, seperti penamaan Yonif 732 Banau. Kami juga akan kumpulkan Surat Keputusannya sebagai dokumen tambahan, dukungan dari semua pihak, termasuk para tokoh TNI yang sempat memimpin Satuan 732 Banau bisa dimintai testimoni mereka dalam bentuk dukungan,” tandasnya.

Rapat tersebut dihadiri Kapita Lau Kesultanan Jailolo Hi. Imrat Idrus, Kadis Keuangan Halbar Chuzaemah Djauhar, Kadinsos Halbar, Kadis Perpustakaan Halbar, Ketua Yayasan Banau Institute 1914 Fahmi Albaar berserta anggota TP2GD Halbar. (ais)

Komentar

error: Content is protected !!