Kasus Penderita ISPA di Morsel Menurun

Kepala Puskesmas Daruba, dr. Adil Makmur

DARUBA – Kepala Puskesmas Daruba, dr. Adil Makmur, mengaku trend kasus penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), khususnya di Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) mengalami penurunan. Klaim ini berdasarkan data dari Puskesmas Daruba untuk seluruh di wilayah Kecamatan Morsel.

“Untuk penyakit ISPA sendiri ketika kita melihat data di tahun 2020, itu terdapat 1. 423 kasus dan di tahun 2021 mulai Januari-September ini hanya sebanyak 863 kasus. Untuk trendya presentasi terjadi penurunan kasus ISPA. Nah, hal ini karena dari petugas pengelola program ISPA di Puskesmas selalu intens lakukan sosialisasi,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/10/2021).

Dijelaskan, rata-rata pengidap penyakit ISPA dibawah usia lima tahun dan juga diatas lima tahun. Untuk itu, adanya sosialisasi bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan cara pencegahan penyakit ISPA.

“Yang tiap tahun selalu ada. ISPA ini penyebab ada berbagai hal pertama cuaca, debu, virus maupun dari perilaku hidup tidak sehat dilakukan oleh para penderita, merokok dan menghirup debu,” terangnya. (fay)

Komentar

error: Content is protected !!