Vaksin Pertama Tidak Lagi Gunakan Sinovac

Vaksin Sinovac yang digunakan beberapa waktu lalu

TERNATE – Vaksin jenis Sinovac tidak lagi dipakai untuk suntikan dosis pertama. Sinovac hanya akan dipakai untuk suntikan dosis kedua dan ketiga.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate Nurbaity Radjabessy. Dia mengatakan, Vaksin sinovac hanya untuk orang yang suntik dosis kedua dan ketiga. Karena sinovac sudah tidak dikirim lagi.

Nurbaity menyebut, saat ini vaksin yang dipakai untuk suntikan dosis pertama adalah AstraZeneca dan Prizer. Bahkan menurut Nurbaity, tingkat efikasi dari AstraZeneca dan Prizer lebih tinggi dari Sinovac. Efikasi AstraZeneca dan Prizer sebesar 95 persen. Sementara Sinovac 55 persen.

“Jadi efikasinya, AstraZeneca dan Prizer lebih besar dari Sinovac. Jadi kalau kita mau tingkatkan imun tubuh, AstraZeneca dan Prizer ini sangat bagus,” katanya.

Baca juga:  Tahun Ini 3 Kasus DBD Ditemukan

Nurbaity menambahkan, orang yang sudah disuntik vaksin Sinovac pada dosis pertama dan kedua, masih harus menambah satu suntikan lagi untuk dosis ketiga. Dan pilihannya  bisa menggunakan AstraZeneca maupun Prizer.

“Kalau di dosis satu dan dua sudah pakai Sinovac, di dosis ketiga kita bisa pakai AstraZeneca atau Prizer,” tegas dia.(cim)

error: Content is protected !!