Anggota DPR dan DPD RI Dapil Malut, Diharapkan Patisipasi Sukseskan Sail Tidore

Yakub Husain

TIDORE – Dalam rangka mengsukseskan Agenda Sail Tidore pada bulan September Tahun 2022 mendatang, sebagaimana Surat Keputusan (SK) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Nomor : 182 Tahun 2021 Tentang Panitia Penyelenggara Sail Tidore Tahun 2022.

Tentu membutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, stakeholder dan pejebat terkait dalam rangka kesuksesan acara yang bertaraf nasional bahlan internasional itu.

Apalagi, dalam SK tersebut, Gubernur Provinsi Maluku Utara juga telah ditetapkan sebagai Ketua Panitia Sail Tidore, di tingkat daerah. Sehingga penting untuk dibangun kerjasama di semua level, baik ditingkat Kabupaten Kota se Provinsi Maluku Utara, Kementrian, DPR RI dan DPD RI.

“Kurang lebih ada sekitar 12 kementrian yang telah diarahkan Menkomaritim untuk datang di Tidore melakukan persiapan dan memenuhi segala kebutuhan yang ada,” ungkap Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain saat dikonfirmasi, Rabu, (19/1/22)

Baca juga:  Pekan ini RPJMD Diajukan

Ia melanjutkan, agenda Sail Tidore yang bertaraf nasional ini sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari anggota DPR dan DPD RI perwakilan Maluku Utara, terutama mereka yang berasal dari Tidore. Sebab melalui kegiatan ini, tentu banyak sekali bantuan dan kegiatan dari Kementrian yang bisa dimanfaatkan untuk Kemajuan Maluku Utara, Khusus Kota Tidore Kepulauan, baik dari penataan Infrastruktur dan bantuan lainnnya.

“Saat ini pintu sudah terbuka lebar untuk kelancaran Sail Tidore, kami berharap anggota DPR dan DPD asal Maluku Utara, lebih khusus dari Tidore, dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah maupun Kementrian terkait, karena melalui kegiatan ini, nantinya berbagai bantuan penyelesaian infrastruktur Sail dan dukungan acara juga datang dari berbagai lembaga kementrian,” ujarnya.

Baca juga:  Matangkan Pelaksanaan Hari Nusantara, Dirjen Perhubungan Pantau Lokasi Tugulufa 

Yakub, yang juga Koordinator Acara Sail Tidore ini menegaskan, demi kelancaran kegiatan tersebut, maka perlu dilakukan sentuhan oleh pejabat terkait sesuai dengan kewenangannya untuk saling menyempurnakan, tidak perlu saling menyalahkan atas kekurangan dalam persiapan maupun pasca Sail Tidore nanti. Sehingga agenda tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan daerah dan masyarakat Maluku Utara, khususnya, Tidore.

“Kalau kita mengaku cinta daerah ini (Tidore), maka semua harus mengambil peran, misalnya Pejabat Pusat dari Maluku Utara, khususnya Tidore dengan kewenangannya, bisa berkoordinasi dengan Kementrian, dan mendukung langkah Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, begitu juga dengan pejabat di Provinsi dengan kewenangannya mendukung penuh agenda ini, demi kesuksesan Sail Tidore 2022,” tandasnya. (ute)

Baca juga:  Kejutan di HUT TNI, Polisi 'Serbu' Koramil Payahe
error: Content is protected !!