Capaian Vaksinasi Kaum Lansia 30 Persen

Petugas menyuntikan vaksin covid ke lansia

Ternate – Vaksinasi dosis ketiga untuk kaum lanjut usia (lansia) di Kota Ternate  hingga hari ini belum dilakukkan. Hal ini dikarenakan vaksinasi kepada lansia belum mencapai 60 persen.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Ternate, Arif A Gani mengaku, vaksinisasi dosis ketiga di Kota Ternate untuk lansia belum berjalan, meski sudah ada aturan terbaru yang dikeluarkan dari pusat. “Kita nanti masih menunggu koordinasi dari Dinkes, untuk ketersediaan vaksin boster,” kata Arif, Rabu (19/01/2022).

Arif mengaku, saat ini untuk vaksin boster dosis ketiga juga belum selesai dilakukan. Karena itu angka vaksinisasi lansia ini khususnya di Kota Ternate masih di bawa 30 persen. “Kalau dosis umum kita disini sudah di atas 60 persen,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Maradjabessy mengaku sampai ini pihaknya belum dapat, karena vaksinisasi kedua untuk lansia juga belum sampai 60 persen. Sehingga belum bisa diberikan vaksinisasi boster ke tiga.

Sementara itu,  Pemerintah Kota Ternate menargetkan  menvaksi ank  berusia 6 sampai 12 tahun atau masih usia sekolah sebanyak 21 ribu anak, ini sesuai dengan surat Dirjen Pencegahan Pengendalian Penyakit tentang tindak lanjut vaksinasi covid19 pada anak usia 16 tahun dan penggunaan vaksin sinovac.

Wali Kota Ternate M. Tauhid mengatakan, dalam vaksinasi anak nanti menggunakan Sonovac. ”Vaksinasi anak dibawah usia ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, prosedur pelaksanaan vaksinasi ini mengacu pada Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang pelaksanaan vaksinasi 6 sampai 12 dengan jenis sinovac,” katanya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap anak ini, nantinya akan jalan bersamaan dengan lansia, yang mana untuk anak dari Satgas yang akan turun melakukan vaksin di sekolah.

Meski begitu, pada saat vaksinasi ke anak nanti, juga tetap diminta persetujuan orang tua. Apabila ada orang tua dari anak tersebut keberatan untuk dilakukan vaksin, maka tidak bisa dipaksakan. “Jadi kalau orang tua tidak setuju, maka itu hak mereka dan tidak bisa dipaksakan,” ujarnya.

Guru juga kata Wali Kota, bakal dilibatkan, karena salah satu syarat untuk tatap muka sendiri harus selesai di vaksin. “Sasaran vaksinasi anak anak untuk Ternate sebanyak 21 ribu, data ini disampaikan oleh Dinas Pendidikan yang merupakan gabungan sekolah negeri maupun swasta di tambah madrasah ibtidaiyah,” ungkapnya.(cim)

Komentar

error: Content is protected !!