BMKG Keluarkan Peringatan Dini Malut Berpotensi Banjir

Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Babullah Ternate
Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Babullah Ternate

TERNATE– Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Satasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate mengeluarkan peringatan dini ancaman cuaca buruk hingga berpotensi banjir akan melanda wilayah Maluku Utara (Malut).

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate Justia P.D  Galensong pada Minggu (29/5/2022)  menghimbau, masyarakat Malut agar tetap waspada pada kondisi cuaca buruk yang melanda wilayah Malut saat ini. Sebab kata dia, pada pagi hari, keadaan cuaca umumnya berawan dengan potensi hujan ringan di wilayah Galela, Tobelo, Ibu, Jailolo, Ternate, Tidore, Kayoa, Labuha dan sekitarnya.

Sementara di siang dan sore hari lajut dia, pada waktu tersebut umumnya terjadi hujan ringan, tapi bisa berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Jailolo, Ternate, Tidore, Sofifi, Maba, Buli, Obi dan sekitarnya.

Saat ini suhu udara di wilayah Malut berkisar : 27⁰C – 32⁰C untuk Suhu Udara, 70 – 100 % Kelembaban udara, dan 05-20 km/jam, angin Barat – Timur.

Justia P.D  Galensong

Dia menyebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada berpotensi terjadi angin kencang mencapai 50 km/jam dan potensi terjadi banjir di wilayah Maluku Utara. Selain itu, untuk tinggi Gelombang saat ini mencapai 0.25 – 1.5 meter.

Baca juga:  Reaktif, Tim Satgas Rujuk Pasien Ibu Hamil ke Luwuk

“Kami mengimbau warga yang bermukim di bantaran sungai maupun barangka atau kali mati agar selalu waspada dengan kondisi cuaca yang ada,” harapnya.(nas)

error: Content is protected !!