Dispar Morotai Gelar Lomba, Dodola Diserbu Wisatawan

Lomba lari karung di Pulau Dodola

DARUBA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pulau Morotai menggelar kegiatan gebyar wisata kemerdekaan dengan menyajikan sejumlah lomba menarik bagi anak-anak dan remaja di Pulau Dodola, Minggu (14/8/2022).

Kegiatan gebyar wisata ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 tahun 2022.

Jenis-jenis permainan yang dilombakan antara lain lari karung, gigi leper, makan kerupuk, video konten kreatif, dan yang paling menarik adalah Dodola fashion Week yang meniru salah satu iven yang tengah trend di ibu kota negara saat ini.

Untuk hadiahnya, ditanggung langsung oleh Bank BRI, BNI dan BPD yang merupakan sponsor utama dari kegiatan gebyar wisata kemerdekaan ini. Selain itu, ada juga sumbangan pihak ketiga dari mitra kerja Dispar.

“Lomba Dodola Feshion Week dan konten kreatif hadiahnya dari pihak Bank berupa tabungan sebesar Rp 1 juta untuk juara pertama, Rp 750 ribu untuk pemenang kedua, dan Rp 500 ribu bagi pemenang ketiga. Sementara untuk lomba lari karung, makan krupuk, dan gigi leper hadiahnya dari pihak ketiga berupa tas sekolah dilengkapi dengan buku dan alat tulis,” jelas Kadis Pariwisata Pulau Morotai, Kalbi Rasyid, kepada wartawan.

Baca juga:  Gedung RSUD Ir Soekarno di Morotai Bernilai Rp 60 Miliar Mubazir

Menurutnya, kegiatan gebyar wisata kemerdekaan yang ke-77 ini merupakan bagian dari upaya Dispar untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat Morotai, Maluku Utara dan Indonesia, serta mancanegara bahwa Dodola saat ini sudah layak untuk di kunjungi.

“Walaupun kegiatan yang kita laksanakan ini sangat sederhana karena hanya melibatkan masyarakat dan keluarga besar di Morotai tetapi ada keyakinan yang kuat dari kami bahwa dengan kegiatan ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Dodola,” ujarnya.

Lanjut Kalbi, kegiatan lomba seperti ini diyakini bisa memberikan hal positif bagi anak-anak disuasana kemerdekaan RI yang ke-77.

“Mungkin rasa cinta, rasa nasionalisme dan rasa kebersamaan itu bisa tumbuh dari permainan yang kita lakukan pada hari ini,” ucapnya.

Baca juga:  Realisasi Bantuan RTLH Penderita Stunting di Morotai Tuntas 100 Persen

Sebelum kegiatan lomba ini, ungkap Kalbi, pada 13 Agustus kemarin gebyar wisata kemerdekaan juga sudah dilaksanakan dalam bentuk kegiatan bersih-bersih sampah dan penghijauan di sejumlah tempat di wilayah Kota Daruba oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dharmawanita.

“Kami berharap kegiatan ini semoga menjadi motivasi, menjadi spirit dan sesuaikan dengan spirit kemerdekaan ke-77 tahun, sehingga Pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai itu bisa maju dan bisa kembali berkembang seperti sebelum masa Covid-19,” tuntas Kalbi.

Mewakili Pj Bupati, Asisten I Muhlis Bay, dalam sambutannya mengatakan pemerintah telah mensinergikan semua program pembangunan daerah untuk mendukung pertumbuhan industri ini. Selama 5 tahun terakhir, hasil dari komitmen pemerintah dapat kita saksikan sekarang, dengan adanya pembangunan kawasan pariwisata di 6 kecamatan, serta di dukung dengan pengembangan kawasan wisata buatan meliputi woter front city 1 dan 2, taman kota, lapangan sail milineal Juanga, army dock, dan kawasan wisata religi.

Baca juga:  Proses Eksekusi Mantan Anggota DPRD Morotai Dikawal Puluhan Pelajar SMK

“Kegiatan boleh kecil, tapi mimpi kita harus besar,” tutup Muhlis. Pantauan Fajar Malut, kegiatan ini mampu menarik minat anak-naka hingga remaja. Sontak, Dodola pun langsung dibanjiri wisatawan lokal.

Banyak dari wisatawan mengaku senang karena merasa terhibur dengan iven tersebut.  Juga tak terkecuali bagi anak-anak yang turut menjadi peserta lomba.

“Saya dari desa Kolorai, datang mo Iko lomba, soalnya dapa hadiah tas,” ujar Iki salah satu pelajar yang masih duduk dibangku SD.  Senada, Sandi salah satu remaja berharap Iven seperti ini selalu digelar tanpa harus menunggu momen tertentu. “Kalau ifen begini terus, saya yakin pasti orang datang terus ke Dodola ucapnya. (fay)

error: Content is protected !!