Jelang Nataru, Stok dan Harga Bapok Morotai Masih Stabil

Nasrun Mahasari

DARUBA – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Pulau Morotai, Nasrun Mahasari, menjamin sejauh ini harga bahan pokok (Bapok) di Pulau Morotai masih normal.

Bahkan stoknya pun, kata Nasrun, masih aman hingga menghadapi Natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

“Mulai dari November ini kami sudah mulai pantau stok bahan pokok menjelang nataru, dan stok bulan ini masih maksimal dan aman, dan mudah-mudahan sampai Desember pun masih tetap seperti ini,” harap Nasrun saat diwawancara kemarin.

Walau harga dan stok aman, kata Nasrun, Disperindagkop tetap rutin memantau harga dilapangan untuk mengantisipasi, meningkat jelang hari besar keagamaan biasanya terjadi kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

Baca juga:  Pelaku Usaha dan Petani Dapat Bantuan

“Misalnya, beras, gula, terigu, mentega dan telur itu yang sudah kami antisipasi menjelang Nataru ini,” katanya.

“Hal ini kami lakukan, agar tidak terjadi kekurangan, karena pada tahun lalu menjelang Nataru kami sudah siapkan semua apa-apa yang masih kurang, sehingga pas di hari H tiba semua stok aman,” tambah dia.

Menurutnya, memang ada beberapa bahan pokok yang sering naik jelang Nataru, tapi kenaikannya tidak terlalu signifikan. Dan untuk Pulau Morotai harga bahan pokok masih dikatakan aman walau dalam di situasi sulit sekarang ini.

“Sebab dalam pemantauan kami dalam menangani inflasi juga masih tetap stabil. Memang ada satu dua bahan pokok yang agak naik, tapi tidak terlalu signifikan naiknya. Sebagaimana dalam laporan inflasi kami tiap hari. Seperti misalnya, untuk harga beras saat ini perkilo Rp 14 ribu, dan sampai saat ini belum ada kenaikan,” ujarnya.

Baca juga:  UMKM Tidore Dilakukan Pelatihan Berwirausaha Melalui Digital 

Sementara untuk minyak tanah, Nasrun juga menjamin, semua stok minyak tanah jelang Nataru tetap aman. “Minyak tanah masih tetap stabil harganya tidak ada perubahan, yang jelas di Nataru kali ini kami akan lakukan operasi minyak tanah,” janji Nasrun. (fay)

error: Content is protected !!