Ini Saran Menparekraf Untuk Pariwisata Morotai

Menparekraf Sandiaga saat berada di Morotai

DARUBA – Pengelolaan Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai begitu memprihatinkan. 

Pasalnya, begitu banyak masalah yang terjadi saat ini, namun kenyataannya terlihat jelas kalau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai terkesan cuek serta tidak memiliki solusi pengembangan pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno, saat ditanya bagaimana komitmennya dalam pengembangan pariwisata Pulau Morotai mengatakan, ada banyak skema yang harus dibangun secara bersama, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah serta dukungan dari masyarakat. Dengan begitu, maka pengembangan wisata bisa berjalan maksimal. 

“Harus ada kolaborasi dari semua pihak, sehingga sektor pariwisata kita bisa lebih berkembang dan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama ekonomi kreatifnya masyarakat,” kata Sandiaga saat berkunjung ke Pulau Morotai, Jumat (25/11/2022). 

Baca juga:  Bantuan Modal Usaha Tidak Tepat Sasaran

Saat ini, lanjut dia, Kemenparekraf akan terus mendorong pengembangan dan peningkatan wisata Dodola, sehingga bisa dijadikan sebagai daya tarik khusus. Pasalnya lokasi destinasi wisata tersebut begitu strategis. 

“Lagi-lagi tujuannya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Pulau Morotai,” ujar dia. 

Ditanya soal dukungan anggaran, sambung dia, untuk relokasi anggaran dari pemerintah pusat saat ini masih dibutuhkan sektor lain. Sehingga anggaran pengembangan wisata akan dilakukan dengan skema lain dalam bentuk kolaborasi dan investasi, terutama bagi dunia usaha dan pemerintah.

Selain itu, untuk mengembangkan pariwisata pemerintah harus memiliki langkah inisiatif dengan segala bentuk penyelenggaraan event pengembangan tingkat regional. 

Karena dengan event-event tersebut bisa meningkatkan pemanfaatan lokasi wisata serta kuliner bisa ramai dikunjungi. 

Baca juga:  Warga Dikarantina Disuguhkan Makanan Tak Layak

“Dengan begitu banyak event, maka bisa meningkatkan daya beli serta kesejahteraan masyarakat juga bisa tercapai,” pungkasnya. (fay)

error: Content is protected !!