KPU Tidore Selesai Lakukan Pencoklitan Data Pemilih 2024

Randi Ridwan

TIDORE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, dibawah kepemimpinan Randi Ridwan selaku Ketua, sukses mengeksekusi tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada Tahun 2024, sebelum tenggang waktu yang ditentukan berakhir.

Bagaimana tidak, waktu pencoklitan yang ditetapkan selama satu bulan, mulai dari tanggal 24 Juni – 24 Juli 2024. Diselesaikan oleh KPU dalam kurun waktu dua minggu.

“Saat ini pencoklitan data pemilih yang dilakukan oleh petugas Pantarlih sudah 100 persen. Mereka selesai melakukan coklit itu pada tanggal 7 Juli 2024,” ungkap Ketua KPU Kota Tidore, Randi Ridwan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (9/7/24). Dengan demikian, KPU Kota Tidore paling tercepat dalam menyelesaikan pencoklitan data pemilih, dibandingkan KPU pada Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Provinsi Maluku Utara.

“Berdasarkan laporan dari KPU Provinsi Maluku Utara per 9 Juli 2024, baru KPU Kota Tidore yang sudah 100 persen melakukan Coklit. Itu artinya, dari 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara, Kota Tidore paling tercepat,” tambahnya.

Kendati demikian, lanjut Randi, pencoklitan yang sudah 100 persen ini, tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan perbaikan apabila ada tanggapan masyarakat. Sebab batas waktu pencoklitan masih sampai di tanggal 24 Juli 2024.

“Untuk perbaikan ini sendiri tetap kami bersandar pada aturan. Jadi masyarakat bisa melapor ke PPS, PPK maupun KPU apabila ada perubahan alamat maupun warga yang sudah meninggal,” jelasnya.

Ia menambahkan, data yang digunakan untuk melakukan pencoklitan guna melindungi hak masyarakat dalam pemilihan, bersumber dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), sehingga total jiwa pilih yang dicoklit itu sebanyak 86.201.

“Data yang diturunkan mendagri ke kami ini, dipastikan semuanya telah ter coklit. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan dari data ini, akan terjadi pengurangan atau penambahan,” pungkasnya.

Randi mengaku, setelah tahapan pencoklitan selesai pada tanggal 24 Juli 2024, selanjutnya akan dilakukan perekapan data oleh PPS, mulai dari tanggal 25-31 Juli 2024. Selanjutnya pada tanggal 1-3 Agustus 2024, baru akan dilakukan pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat PPS. “Setelah itu, dilanjutkan pleno tingkat PPK yang dilakukan pada tanggal 5-7 Juli 2024, setelah itu baru dilakukan pleno tingkat KPU yang dijadwalkan pada tanggal 9-11 Agustus 2024,” cetusnya.

Pewarta : Suratmin Idrus
Editor : Erwin Egga

Berita Terkait