Desa Tacici Gelar Musdes Perencanaan Tahun 2023

Musdes Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2023, Desa Tacici, Kecamatan Sahu

JAILOLO –  Desa Tacici, Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara menggelar Musyawarah Desa (Musdes) tahapan perencanaan pembangunan desa tahun anggaran 2023, Jumat (23/9/2022).

Musdes perencanaan pembangunan tahunan yang dipimpin oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan pendahuluan dalam tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023.

“Ada sejumlah isu strategis yang dibahas dalam Musdes kali ini, yakni pemulihan ekonomi dan permasalahan sosial, penyertaan modal BUMDes, penanganan stunting dan ketahan pangan dan hewani,” kata Kepala Desa Tacici, Hendra Molle.

Menurutnya, isu strategis tersebut merupakan arah kebijakan dalam perencanaan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di desa di tahun mendatang. “Karena Musdes adalah forum penyerapan aspirasi seluruh pemangku kepentingan di desa, maka  perencanaan kegiatan pembangunan berdasarkan  aspirasi dan usulan dari forum ini,” ketu Hendra

Baca juga:  Anggota DPRD Halbar Soroti Proyek Jalan Goin - Kedi

Selain usulan peserta Musdes, lanjut Hendra, forum Musdes juga melakukan pencermatan ulang RPJMDes dan beberapa kegiatan yang belum terealisasi, walau masuk dalam RKPDes tahun 2022 serta hasil SDGs Desa.

Dalam Musdes tersebut, peserta dibagi dua kelompok untuk menyampaikan usulan sesuai kebutuhan masyarakat di desa. “Semua usulan diakomodir, nanti dibuatkan perangkingan, mana yang prioritas dan belum prioritas,” ujar Hendra, sembari mengatakan, menunggu Permendes tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2023 dan aturan teknis lainnya.

Musdes difasilitasi oleh Tenaga Pendamping Profesional (TPP), terdiri dari Pendamping Lokal Desa (PLD) yang bertugas di Desa Tacici, Ali S. Hasan  Pendamping Desa (PD) Amirudin Umar dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPM) Zulkifli Hi. Saleh.

Baca juga:  Capaian Penerimaan PKB di Halbar Lampaui Target

Para TPP mengingatkan kepada pemerintah desa dan BPD serta semua stakeholder yang hadir dalam forum Musdes tersebut bahwa, perencanaan pembangunan desa harus berbasis SDGs Desa. Sebab, data berbasis SDGs Desa ini adalah jawaban implementasi pembangunan yang berbasis data dan kebutuhan desa. “Karena data berbasis SDGs Desa adalah yang mikro memotret realitas kehidupan warga desa, mulai dari level desa, RT  (keluarga) hingga individu,” ujar Zulkifli

Seperti diketahui, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya.  (red)

Baca juga:  Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Halbar Tetap Siaga
error: Content is protected !!