Pedagang Kuliner Belakang Jatiland Mall Ditata, Pekan Ini Mulai Relokasi

Aktifitas Pedagang Belakang Jatiland Mall
Aktifitas Pedagang Belakang Jatiland Mall

TERNATE – Pedagang kuliner yang berada di belakang Jatiland Mall dalam pekan ini bakal di relokasi ke pasar kota baru dan taman film benteng oranje, langkah ini dilakukan Pemkot Ternate karena lokasi yang ditempati pedagang puluhan pedagang kuliner itu dilakukan penataan di kawasan tersebut, untuk persiapan relokasi maka pada Kamis (6/10/2022) kemarin dilakukan rapat koordinasi antara Bappelitbangda, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas PUPR serta para pedagang, yang dipusatkan dikantor Bappelitbangda Kota Ternate.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly usai rapat mengatakan, dalam rapat yang melibatkan seluruh pedagang baik kuliner, pedagang penjual martabak dan terang bulan, untuk Pemkot Ternate melakukan sosialisasi dan mematangkan persiapan penataan pusat kuliner di belakang Jatilland Mall.

Baca juga:  Begini Besaran Zakat di Kota Ternate

Dimana kata Rizal, ada sejumlah poin yang jadi kesepatan dalam rapat, diantaranya memastikan jumlah pedagang kuliner, sehingga jumlah yang ada di lokasi yang bakal ditata sekarang tidak terjadi penambahan setelah penataan ini dilakukan.

Menurut mantan Kadis Perkim ini, dari data awal kurang lebih sebanyak 30 lebih pedagang, namun akan tetap singkronisasi dengan kondisi di lapangan.

“Jadi validasi data di absen yang hadir dalam rapat tersebut akan dikroscek di lapangan malam ini (tadi malam)  melalui Disperindag. Dan memastikan beberapa pedagang disana yang hadir tadi di rapat. Jika ditemukan lebih, kami langsung batalkan, jika tidak bisa mereka buktikan, dan setelah dikroscek  data melalui Disperindag itu tidak ada dilapangan,” ungkapnya.

Baca juga:  Pedagang Demo, Pemkot Ternate Menyerah

Langkah proteksi ini dilakukan kata dia, dengan tujuan agar nanti sesuai dengan jumlah yang di bangun dengan pedagang yang mau di tempatkan sama jumlahnya.

Meski begitu menurutnya, para pedagang ini diberi kesempatan sampai pada Sabtu malam pekan ini untuk berjualan, sehingga pada Minggu (9/10/2022) proses relokasi pedagang sudah bisa dilakukan, namun pedagang yang membongkar sendiri tempat berjualannya.

“Penempatan lokasi pedagang kuliner mereka menempati sementara di Pasar Kota baru, sedangkan pedagang terang bulan dan martabak akan direlokasi ke Taman Film,” sebutnya.

Dari jumlah pedagang yang ada itu, sebagiannya akan beristirahat untuk  berjualan, namun ada yang mau berjualan di fasilitasi Pemkot Ternate ke pasar kota baru.

Baca juga:  Pusat Kuliner Ternate Siap Diresmikan Wali Kota

Terkait waktu pekerjaan kata dia, sesuai kontrak kerja, pelaksaan pekerjaan sendiri sampai Desember tahun ini sehingga pada Januari 2023 sudah bisa dimanfaatkan untuk berjualan.(cim)

error: Content is protected !!