Kegiatan TMF Plus K3RS RSUD Weda Berakhir

Pj Bupati Ikram Malan Sangadji tutup kegiatan In House Training Manajemen Fasilitas dan Keselamatan plus K3RS

WEDA – Rumah sakit sebagai institusi kesehatan sudah seharusnya dapat meminimalisir risiko dan potensi berbahaya di lingkungan rumah sakit, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada Pasien, Petugas, Pengunjung serta Lingkungan Rumah sakit.

Dalam rangka itu, RSUD Weda melaksanakan kegiatan In House Training Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) plus K3RS selama tiga hari, yang pelaksanaannya ditutup oleh Penjabat Bupati Halmahera Tengah Ikram M Sangaji (IMS), Rabu (08/03/2023).

Dalam arahannya, PJ Bupati menyampaikan, untuk menuju akreditasi rumah sakit perlu kerja sama semua pihak agar dapat menyiapkan dokumen pendukung serta memperbaiki fasilitas kesehatan, seperti sarana prasarana yang baik sehingga bisa meningkatkan status RSUD Weda. 

Baca juga:  31 Peserta PPPK Formasi Kesehatan di Ternate Lulus Passing Grade

Dia mengaku, Kondisi rumah sakit harus nyaman buat pasien dan pengunjung rumah sakit. “Kita harus patuh terhadap standar akreditasi, dimana ada yang harus ada perbaikan segera ditangani,” katanya. 

Dihadapan tenaga kesehatan dan dokter IMS menyarankan, dokter dan tenaga kesehatan harus meluangkan waktu seperti memberikan edukasi di sekolah-sekolah agar pelajar juga mengetahui tentang kesehatan ataupun bisa dapat terobsesi untuk menjadi seorang tenaga kesehatan dan dokter. “Ini merupakan tanggung jawab kalian para dokter dan tenaga kesehatan,” paparnya. 

Ia menambahkan, akreditasi merupakan suatu hal penting bagi RSUD-Weda. “sehingga rumah sakit tersebut dapat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditentukan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Standar Akreditasi Rumah Sakit tersebut diikuti oleh seluruh tenaga medis (dokter spesialis dan umum), keperawatan kebidanan dan penunjang medis dan non medis dilatih oleh pelatih tenaga Training Of Trainer dari RSD Tidore Kepulauan. 

Baca juga:  Dinkes Morotai Temukan 6 Kasus HIV/AIDS

Kegiatan selama selama 4 hari itu terhitung mulai tanggal 5 hingga 8 Maret 2023, dengan tujuan mempercepat kesiapan RSUD Weda menjelang Survei Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2023. (udy)

error: Content is protected !!