TPID Ternate Gelar Rakor Antisipasi Ancaman El Nino

Rapat TPID Ternate
Rapat TPID Ternate

TERNATE – Pada Selasa (22/8/2023) kemarin, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman secara resmi membuka rapat koordinasi atau High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate terkait dengan stok pangan dan ancaman El Nino, rapat yang dihadiri Forkopimda, Kepala Bank Indonesia, Sekda Kota Ternate, pimpinan OPD dan stakeholder lain ini dipusatkan di Lantai 3 ruang rapat Executive Room Kantor Wali Kota. 

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan, ketidakpastian ekonomi global menjadi salah satu ancaman dari dampak perang antara Rusia dan Ukraina, kemudian disparitas harga dan pasokan antar wilayah serta iklim dan cuaca termasuk ancaman El Nino dan untuk itu pemerintah dan pemerintah daerah terus menerus melakukan langkah – langkah strategis dalam menghadapi tantangan inflasi ke depan. 

Dikatakan Wali Kota, tantangan utama pengendalian inflasi di Kota Ternate yang wilayahnya di dominasi perairan yakni ketergantungan yang sangat tinggi terhadap pasokan komoditas pangan dan komoditas lainnya dari luar Kota Ternate.

Baca juga:  Berhasil Turunkan Stunting, Wali Kota dan Ketua TP-PKK Ternate Terima Penghargaan

“Walaupun bukan pusat penghasil beras dan jagung, Kota Ternate kaya akan sumber pangan lokal seperti dagu, ubi, singkong, pisang, sukun dan lain – lain yang sudah memadai dalam memenuhi pangan pokok masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Wali Kota, pemanfaatan dan pengembangan potensi pangan lokal dapat mengurangi ketergantungan pasokan pangan dari luar, sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan dan mengantisipasi dampak El Nino. 

“Mengantisipasi El Nino, kami juga mendorong kampanye stop boros pangan untuk menyadarkan seluruh lapisan masyarakat bahwa pangan yang terbuang sia – sia tidak hanya berdampak pada kondisi ketahanan pangan, tapi juga pada perekonomian dan lingkungan hidup,” ucapnya. 

Lanjutnya, dalam rangka menjaga stabilitasi harga pangan diharapkan TPID Kota Ternate untuk fokus antisipasi peningkatan inflasi yang mengacu pada framework 4K, yakni meningkatkan ketersediaan pasokan bahan pangan strategis di Kota Ternate dengan gerakan menanam dan implementasi KAD Pemkot dengan Pemerintah Kabupaten Bima yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang dalam upaya menjaga keterjangkauan harga, terkait kelancaran distribusi TPID Kota bersama KSOP Kelas II Ternate melakukan pantauan langsung di pelabuhan untuk memastikan kelancaran dan pemberian prioritas kepala kapal pengangkut bahan pangan strategis yang bersandar, serta TPID Kota Ternate secara konsisten melakukan kampanye bijak melalui berbagi kanal komunikasi. 

Baca juga:  Pemkot Jamin Kesehatan Warga Ternate

“Saya harap pertemuan ini akan menghasilkan langkah – langkah strategis dan kolaboratif yang konkret, yang segera dilaksanakan, dan segera tampak hasilnya guna memastikan inflasi ke dalam rentang target sasaran tahun 2023 yakni 3 persen ditambah 1 persen,” tandasnya.

Sementara, Ketua TPID Kota Ternate Jusuf Sunya mengatakan, pada bulan Juli 2023 Kota Ternate mengalami inflasi tahunan atau year on year sebesar 3,79 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,21. Per Juli 2023 Kota Ternate masih alami inflasi bulanan sebesar 0,30 persen (mtm) yang merupakan inflasi tertinggi kedua selama tahun 2023.

“Jika dihitung dari Januari, maka inflasi pada bulan Juli tertinggi kedua setelah bulan Februari, yakni sebesar 1,85 persen. Pada Juli 2023 ini, terdapat dua kelompok yang mengalami inflasi dan terhitung tinggi, yaitu kelompok transportasi dan kelompok pendidikan, sekarang di tahun ajaran baru terjadi kenaikan biaya pendidikan di beberapa sekolah, khususnya SMA. Inflasi dipengaruhi oleh kenaikan harga tarif angkutan laut, bahan bakar rumah tangga, angkutan udara dan cabai rawit,” ungkapnya. 

Baca juga:  Distributor Minyak Goreng di Ternate Dilarang Jual Bebas

Dia menyebut, secara umum tantangan utama pengendalian inflasi di Kota Ternate yang wilayahnya didominasi perairan adalah ketergantungan yang sangat tinggi terhadap pasokan komoditas pangan dan komoditas lainnya dari luar Ternate.*

Editor: Hasim Ilyas

error: Content is protected !!