Begini Status Gunung Gamalama di Ternate

TERNATE – Peningkatan aktivitas Gunung Api Gamalama Ternate, masih terjadi. Namun, status Gunung Gamalama hingga kini masih pada level II Waspada.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Ternate Iwan Amat mengatakan, secara visual Gunung Api Gamalama teramati asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dengan tinggi kurang lebih 25-50 meter di atas puncak kawah.

Dan secara visual lainnya pada 17 hingga 18 April, telah berkurang terkait gempa hembusan tersebut.

“Untuk saat ini kondisi Gunung Api Gamalama sementara masih terjadi peningkatan kegempaan yang mengindikasikan adanya aktivitas dari vulkaniknya, dengan gempa hembusan 3 amplitudo, low frekuensi 1 amplitudo, vulkanik dalam 6 amplitudo dan tektonik jauh 8 amplitudo,” katanya, pada Jumat (19/4/2024).

Baca juga:  Hari Ini Wali Kota Ternate Lantik Sejumlah Pejabat

Bahkan kata dia, Gunung Gamalama terpantau secara jelas, kabut 0-1, hingga 0-II. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal pada tinggi mencapai 20 – 100 meter atas puncak kawah.

Dia menghimbau, agar masyarakat di sekitar Gunung Gamalama dan pengunjung wisatawan untuk tidak beraktivitas atau berada pada radius 1.5 Km dari kawah puncak gunung Gamalama.

“Pada musim hujan masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai atau brangka kali mati agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar,” jelasnya.

Pihaknya juga meminta warga untik tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar, karena pihaknya terus memantau aktivitas Gunung Gamalama dan memberikan informasi yang jelas ke masyarakat.

Baca juga:  Wali Kota Resmikan Masjid di Moti

“Jadi, kami berharap masyarakat jangan mudah merasa panik dengan adanya informasi-informasi yang beredar, tetap selalu waspada, kami akan terus memantau aktivitas gunung Gamalama dan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat,” pungkasnya.*
Editor: Hasim Ilyas

error: Content is protected !!