FTJ 2021 Digelar Secara Hybrid Event

Fenny Kiat

JAILOLO – Pelaksanaan event Festival Teluk Jailolo (FTJ) tahun 2021 digelar secara Hybrid Event. Adapun rangkaian acara yang akan ditampilkan pada pelaksanaan Kharisma Event Nusantara (KEN) FTJ Juni nanti diantaranya Ritual Sigofi Ngolo, merupakan upacara tradisi bersih laut dan tabur bunga yang bertujuan memohon izin kepada leluhur untuk kelancaran acara oleh masyarakat dengan berziarah ke Pulau Babua.

Teater kuliner 7 suku asli di desa Gamtala yang menawarkan edukasi wisata kuliner dengan menampilkan pementasan dan makanan khas Halmahera Barat (Halbar) yang disertai dengan deskripsi dan live cooking masyarakat lokal bersama Maestro Kuliner secara online. Bahkan akan disuguhkan atraksi pentas seni yang akan menampilkan kekayaan budaya 7 suku asli Halmahera Barat.

Baca juga:  Pemkab Halbar Diminta Selesaikan Hutang Pihak Ketiga

Fun Diving, untuk para diverholic menikmati alam bawah laut Halmahera Barat yang luar biasa dengan spesies ikan serta terumbu karang yang indah. Hal ini akan memberikan pengalaman terbaik dan tentunya kenangan yang tak terlupakan.

Orom Sasadu di rumah adat Sasadu desa Gamomeng dalam rangka sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang di dapatkan oleh masyarakat. Pelaksanaan Orom Sasadu juga dapat diikuti secara virtual dalam kanal promosi Dinas Pariwisata Halbar Expo dan talkshow ekonomi kreatif yang akan menampilkan produk subsektor ekonomi kreatif serta dikupas tuntas dengan narasumber profesional yang bergerak dibidang tersebut.

Pesta tani, menampilkan hasil alam potensi pertanian Halbar dengan budaya bercocok tanam serta petualangan mengunjungi kebun rempah (Spice Trip). Dancing in the Sunset, penyuguhan yang memiliki kesatuan antara seni dan alam yaitu menyaksikan secara virtual atraksi seni budaya di pesisir pantai saat matahari terbenam di pantai Lapasi.

Baca juga:  Tersangka Kasus KNPI Terancam Dijemput

Pentas seni budaya yang akan menampilkan atraksi dari sanggar-sanggar di Halbar dan akan ditayangkan secara online sehingga semua orang bisa mengakses melalui perangkat dan menonton dari mana saja. Pada acara puncak nanti akan ditampilkan persembahan teater musikal yang berlatar teluk Jailolo “Sasadu On the Sea” yang merupakan ikon FTJ. Sasadu on the Sea yang juga ditampilkan dalam pembatasan jumlah pelakon secara hybrid, sehingga masyarakat bisa menyaksikan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat, Fenny Kiat berharap pelaksanaan Festival Teluk Jailolo dapat memberikan pengalaman untuk bisa memasuki era konsep Hybrid Event yang akan berkelanjutan.(ais)

error: Content is protected !!