Tingkatkan Produksi Pertanian, Kinerja Penyuluh Diperkuat

Penyerahan bantuan

TIDORE – Data hasil produksi pertanian menjadi bahan evaluasi pada pertemuan Walikota Tidore Kepulauan Capt H.Ali Ibrahim dengan Penyuluh Pertanian se-Kota Tidore Kepulauan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan di Aula Sultan Nuku, Kamis (15/7/2021).

Tujuan pertemuan untuk mengetahui sejauh mana hasil-hasil produksi pertanian seperti sayur, tomat, rica dan lain-lain dijual. Karena sesuai perintah Walikota beberapa bulan lalu untuk dijual ke PT. IWIP belum berjalan dengan baik, maka perlu diperhatikan kembali khususnya para penyuluh agar bisa memiliki data hasil produksi minimal setiap tiga bulan sekali dilaporkan.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan visi misi Kota Tidore Kepulauan di sektor pertanian dan perikanan harus dikembangkan, jika perikanan sudah dibantu oleh Provinsi Malut maka di sektor pertanian harus lebih kreatif. Hal tersebut diupayakan agar visi misi menjadi prioritas, hasil pertanian bisa dijual ke perusahan-perusahan seperti PT. IWIP dan Sanatova.

Baca juga:  Selama Ramadhan, Kawasan Al Munawar Ternate Dilarang Berjualan

Lebih lanjut Ali Ibrahim meminta agar tugas dan kewenangan yang sudah dilimpahkan ke penyuluh untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. “Setiap hasil produksi harus dibuatkan data presentasi agar bisa dilaporkan, dengan data tersebut pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga bisa mengupayakan permintaan anggaran untuk bantuan operasional penyuluh,” tutur Ali Ibrahim.

Sementara dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan Imran Jasin menyampaikan laporan formasi penyuluh yang tersebar di wilayah Kota Tidore Kepulauan beserta Kelompok tani yang dibina. Ada sekitar 36 laki-laki dan 30 wanita, jumlah total penyuluh 66 orang, sedangkan gabungan kelompok tani yang dibina oleh penyuluh anggotanya sebanyak 7.360 orang dengan luas lahan yang dikelola seluas 14.753 hektar.Pertemuan tersebut ditutup dengan penyerahan laporan produksi bulan Januari s/d Juni 2021, profil dinas, validasi data/data base dinas pertanian 2021 oleh Kepala Dinas Pertanian Imran Jasin ke Walikota Tidore Capt H. Ali Ibrahim, dilanjutkan dengan  penyerahan bantuan Alsintan dan Saprodi ke perwakilan beberapa Kelompok Tani. Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa profil tank, mesin sprayer, pupuk dan bibit, hand sprayer, dan biota plus. (hms)

Baca juga:  Harga Barito di Pasar Tobelo Fluktuatif
error: Content is protected !!