Dispora Haltim Minta Dievaluasi

MABA – Menanggapi insiden ambruknya atap tribun lapangan sepakbola Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Institute Faifiye Spasial (IFAS) Haltim mendesak kepada DPRD Haltim untuk  mengevaluasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Haltim terkait ambruknya atap stadion mengakibatkan kerugian mencapai Rp 250.000.000.

“Saya pikir dalam perencanaan pembangunan stadion Kota Maba tidak mempertimbangkan mitigasi bencana alam sehingga konstruksinya tidak sesuai spek,” kata Ketua IFAS Haltim Ismit Abas Hatari baru baru ini.

Dikatakan, pembangunan stadion yang  dikerjakan oleh PT. Nia Kusuma tersebut sangat besar dan membutuhkan anggaran yang besar pula, dimana dengan total nilai kontrak Rp.2,6 miliar oleh sebab itu lanjut Ismit, sangat disayangkan jika stadion tersebut tak tahan dan ambruk.

Baca juga:  Tournament Fanaha RT Cup IV dan Oba Open Dihelat

“Dan saya juga meminta kepada pihak berwajib agar segera melakukan penanganan dan penyelidikan meskipun kejadian tersebut murni akibat bencana dan walaupun pihak perusahan sudah menyerahkan berita acara ke Pemkab dalam hal ini Dispora Haltim,” katanya.

Tanggapan bukan hanya datang dari LSM IFAS tetapi dari kalangan Pemerhati tata ruang Haltim salah satunya Isaac Idrus Djailani. Kata Isaac, insiden tersebut adalah bagian dari catatan pemerintah daerah untuk memperbaiki manajemen kerja setiap progres pembangunan, sebab lanjut dia, pemerintah daerah selama ini setiap pembangunan yang beresiko bencana jarang melibatkan mereka yang berada di bagian teknis seperti orang orang yang ada di dinas PUPR.

“Kalau stadion itu sekalipun dari Dispora yang tangani tapi setidaknya ada orang dari PUPR selaku orang tehnis demi menjaga konstruksi pekerjaan yang berkualitas dan aman,” katanya.

Baca juga:  Tampil Memukau, Ayah Erik Cs Menang 3-0

Isaac juga menyebut stadion tersebut merupakan icon Halmahera Timur, dimana stadion dengan Jogging roll tersebut adalah satu satunya di Malut sehingga itu, pemerintah secepatnya mengambil langkah. (hmi)

error: Content is protected !!