Jumat, Empat Suku di Kao Temui DPRD

Ketua DPRD bersama perwakilan masyarakat adat

TOBELO – Mendukung kesejahteraan masyarakat Kabupaten Halmahera Utara (Halut), serta khususnya masyarakat di lingkar tambang Kao – Malifut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halut akan melaksanakan pertemuan bersama 4 suku. Hal tersebut setelah Ketua Forum Komunikasi 4 Suku menemui Pimpinan DPRD pada Rabu (06/10/2021).

Ketua DPRD Halut Janlis Kitong dalam pertemuan dengan Ketua Forum Komunikasi 4 Suku bersama Suku Boeng, mengapresiasi apa yang telah dilakukan keempat suku dalam upaya ikut membangun daerah terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta bersinergis dengan PT NHM.

Untuk lebih khusus membicarakan kepentingan daerah, terutama terhadap harapan masyarakat lingkar tambang, maka selanjutnya akan dilakukan pertemuan bersama empat suku di Kao yang digelar pada Jumat (08/10/2021).

Baca juga:  Inspektorat Halut Seriusi 2 Aduan Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Desa

“Kami sangat mengapresiasi atas dukungan yang diberikan salah satunya suku Boeng atas lahirnya rakyat menambang yang dilakukan PT NHM yang dilakukan kepentingan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskannya, pada prinsipnya, haji Robert hadir di Halut seperti malaikat yang telah berbuat bagi daerah dan masyarakat. “Jadi kita harus samakan pikiran dan tinggal mendudukan bagaimana masing-masing saling menghargai, karena apa yang dilakukan pak Haji Robert berdampak positif kepada masyarakat dan pemerintah, termasuk suku adat di dalamnya. Nanti pada Jumat mendatang kita akan diskusi terkait teknis seperti apa,” jelasnya.

Menurutnya, jika ini berhasil, apa yang telah diberikan haji Robert terutama orang yang jujur, tentunya akan memiliki manfaat. “Kita bersama pemerintah baik dari kabupaten dan desa menyatu dan mendukung program yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat. Kita harus satu hati bahwa ini rakyat menambang,” terangnya.

Baca juga:  Jokowi Pastikan Distribusi Vaksin Hingga ke Pelosok

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi 4 Suku, Dominggus Ishak Bitjara usai pertemuan kepada masyarakat menyebutkan, langkah yang dilakukan DPRD Halut melihat apa yang menjadi harapan masyarakat di lingkar tambang, terutama aspirasi dari keempat suku sangatlah diapresiasi.

“Kedatangan kami ke DPRD bertemu dengan ketua DPRD dan kami diterima dengan baik, hal ini dilakukan untuk bagaimana memikirkan kesejahteraan masyarakat di Halut, dan secara khusus di lingkar tambang. Komunikasi ini dilakukan bersama dengan wakil rakyat, agar niatan baik dari Presdir dapat berjalan dengan baik,” jelasnya. (fer)

error: Content is protected !!