Ini Lima Jabatan di Pemkot Ternate Yang Bakal Dilakukan Uji Kompetensi

Kantor Walikota Ternate
Kantor Walikota Ternate

TERNATE – Pemkot Ternate dalam waktu dekat akan melakukan uji kompetensi terhadap 5 jabatan pimpinan OPD dilingkup Pemkot Ternate.

Dimana 5 jabatan yang nantinya dilakukan uji kompetensi dalam waktu dekat ini yakni jabatan Kasatpol PP Kota Ternate, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate karena telah mengantongi ijin Komisi ASN, sementara untuk jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil masih membutuhkan waktu dan persetujuan Dirjen Dukcapil.

“Untuk jabatan kadis catatan sipil itu harus melalui proses di Dirjen Dukcapil dan itu butuh waktu,” kata Kepala BKPSDM Kota Ternate Samin Marsaoly pada Kamis (7/7/2022).

Baca juga:  Bawaslu Rekomendasi PSU di 12 TPS, Termasuk Takoma Ternate

Menurut Samin, untuk evaluasi kinerja sendiri ada dua yakni uji kompetensi dan evaluasi.

“Untuk evaluasi sendiri tiap tahun dilakukan, dimana yang sudah kerjanya setahun dilakukan evaluasi,” ungkapnya.

Dia menyebut, bobot yang diberikan saat evaluasi sendiri berkaitan dengan capaian kinerja, sementara uji kompetensi sendiri dilakukan kepada JPT atau eselon II yang bertugas sudah lima tahun, dari uji kompetensi itu nantinya menjadi dasar pengambilan keputusan apakah dipertahankan atau dirotasi, bahkan demosi.

“Tapi itu nanti hasil uji kompetensi yang menentukan, jadi uji kompetensi ini kita jadwalkan setelah seleksi terbuka ini,” sebutnya.

Dikatakannya, pihaknya sudah mengantongi ijin evaluasi kinerja terhadap 5 JPT yang belum dievaluasi kinerjanya.

Baca juga:  Menuju Ternate Bersih, Bappelitbangda Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Partipatif

“Jadi setelah pansel ini melakukan lelang jabatan akan dilanjutkan dengan uji kompetensi, karena kita sudah kantongi ijinnya dari KASN,” terangnya.(cim)

error: Content is protected !!