Pandemi Covid-19, Hambat Capaian PAD

Erasmus Josep Papilaya

TOBELO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Erasmus Josep Papilaya menyebutkan, pandemik Covid-19 yang terjadi setahun lebih, menghambat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dijelaskannya, untuk upaya menggenjot PAD hampir semua OPD mendapatkan masalah yang sama. Untuk pariwisata diketahui pasti minim pengunjung, akibat penutupan yang dilakukan. Hal tersebut sebagai upaya menekan laju Covid-19. Sementara untuk retribusi parkiran juga tidak maksimal. Bahkan berjalan pun tidak  normal.

Dikatakannya, Pemda telah fungsikan staf ahli Bupati yang menangani keuangan untuk melihat ini. Dari target dan lainnya akan dilihat kembali pendapatan seperti apa.

“Disini akan dilihat dan dihitung, misalnya per hari, minggu dan akan dihitung sampai pendapatan per bulan dan setahun,” jelasnya. Demikian halnya untuk retribusi dari perusahan yang melakukan operasi di Halut, lanjut Sekda, Hal yang sama pun terjadi, perusahaan pun melaksanakan aktivitas tidak lancar maka menghambat penyetoran retribusi ke daerah.

Baca juga:  Warga Keluhkan Pelayanan SPBU

“Meski demikian, Pemda melalui OPD akan memaksimalkan sehingga hal ini menjadi catatan kedepan untuk lebih menghitung pendapatannya dengan baik, sehingga tidak menyebabkan tidak capai target. Begitupun untuk perusahaan akan terus dimaksimalkan,” tutupnya. (fer)

error: Content is protected !!